Info THL-TB Penyuluh Pertanian 2017.

Rabu, 03 Agustus 2016

Di saat belum pastinya perekrutan tenaga PNS, tenaga Harian Lepas–Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian (THL-TBPP) yang berada di kabupaten/kota akan diangkat menjadi CPNS.

Sahabat pembaca Info THL-TB Penyuluh Pertanian, sudah tahukah anda bahwa ini kabar menggembirakan dari Pemerintah Pusat. Di saat belum pastinya perekrutan tenaga PNS, justru tenaga Harian Lepas–Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian (THL-TBPP) yang berada di kabupaten/kota akan diangkat menjadi CPNS.

Berdasarkan data yang didapatkan koran ini, di Bolmong Raya masih ada 151 penyuluh pertanian. Paling banyak di Kabupaten Bolmong sebanyak 107 pegawai, Bolsel (18) disusul Bolmut (17). Sementara Kotamobagu hanya miliki 7 tenaga lepas bidang penyuluh pertanian.

Kepala BKDD Pemkot Kotamobagu Adnan Masinae yang saat ini mengikuti sosialisasi pengangkatan CPNS penyuluh pertanian, di Jakarta mengakui rencana pemerintah ini. “Pemerintah berencana mengangkat tenaga penyuluh pertanian. Saat ini saya sedang mengikuti sosialisasi tersebut,” kata Adnan saat dihubungi koran ini, kemarin.

Namun, menurutnya, pemerintah sedang membahas syarat-syarat teknis pengangkatan tersebut. “Pemerintah mengusulkan agar yang dibawah umur 35 tahun, tapi banyak daerah mengusulkan semua tenaga penyuluh harus diangkat. Semoga saja umur tak jadi masalah untuk mereka diangkat melalui tes,” ungkapnya.

Sementara itu, Kementrian Pertanian mengusulkan sebanyak 7.684 THL-TBPP di seluruh Indonesia akan diangkat menjadi PNS. “Selama ini THL-TB Penyuluh Pertanian telah memberikan kontribusi pada peningkatan produksi dan pendapatan bagi petani sehingga perlu melakukan rekruitmen untuk THL-TBPP dalam mengatasi kekurangan tenaga penyuluh pertanian,” kata Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian Pending Dadih Permana, Selasa (2/8) kemarin.

Dalam sosialisasi pengangkatan CPNS penyuluh pertanian, Pending mengatakan saat ini jumlah penyuluh yang bertugas di masing-masing desa/kelurahan sebanyak 12.007 PNS untuk melayani 71.479 desa/kelurahan potensi pertanian. Padahal, dalam UU Nomor 19/2013 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani serta Permentan Nomor 72/2011 tentang Pedoman Penyusunan Formasi Jabatan Fungsional Penyuluh Pertanian menyebutkan bahwa paling sedikit satu orang penyuluh dalam satu desa potensi pertanian.

Dengan demikian, masih dibutuhkan sebanyak 59.472 orang penyuluh untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi pun telah menyetujui seleksi para THL-TB Penyuluh Pertanian yang berusia kurang dari dan sama dengan 35 tahun untuk menjadi CPNS Penyuluh Pertanian. Adapun THL-TN Penyuluh Pertanian yang berusia lebih dari 35 tahun akan diproses melalui pola Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) setelah Peraturan Pemerintah (PP) tentang Manajemen PPPK diterbitkan.

Sebelum merealisasikan rencana pengangkatan CPNS Penyuluh Pertanian, Menteri PAN-RB mensyaratkan adanya nota kesepahaman (MOU) antara Menyeri Pertanian dan Bupati/Walikota untuk menjamin pelaksanaan seleksi sesuai mekanisme. Tes seleksi pengangkatan THL-TB dilakukan dengan metode Computer Assisted Test (CAT) yang dilaksanakan pada awal September 2016.

Berita ini bersumber dari Radar Bolmong.
Share:

1 komentar:

  1. Informasi
    Bagi teman2 honorer yang sudah lama mengapdi belum terangkat PNS di karenakan

    - Tidak lolos seleksi CPNS
    - Terkendalah soal tes CPNS
    - Belum masuk DATA BASE CPNS
    - Pegawai kontrak lama non PNS
    - honorer lama non PNS
    -
    Bisa dikonfirmasikan langsung ke BKN pusat JKT
    Langsung ke direktur pengadaan dan kepangkatan pns BKN pusat
    Bpk Drs. Aidu Tauhid M.SI No tlp (021) 49055 088/hp 082 349 747 870
    Sudah banyak honorer di bantu oleh beliau...wassalam
    BKN Pusat : Jl. Letjen Sutoyo No. 12. Jakarta Timur 13640.. DKI JAKARTA.

    BalasHapus

Facebook Page

Pesan Sponsor

Pesan Sponsor

loading...

Pesan Sponsor

Diberdayakan oleh Blogger.