Info THL-TB Penyuluh Pertanian 2017.

Selasa, 16 Agustus 2016

PPL Diminta Bekerja Sesuai Tupoksi

Sahabat pembaca Info THL-TBPP 2016, sudah tahukah anda bahwa ada kabar baik datang untuk tenaga harian lepas tenaga pembantu penyuluh pertanian (THL-TBPP). Kementerian Pertanian (Kementan) mengusulkan, para pembantu swadaya itu menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) penyuluh pertanian tahun 2016. Karena dinilai sebagai mitra petani dalam pembangunan pertanian.

Berdasarkan informasi dari Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Pertanian (BKP4) Sampang, jumlah tenaga penyuluh pertanian lapangan (PPL) di Kabupaten Sampang berjumlah 81 orang. 

Jumlah itu belum dianggap ideal, karena seharusnya paling sedikit sebanyak 180 orang. Untuk menutupi kekurangan PPL, THL-TBPP dari Kementerian Pertanian juga diperbantukan dari Provinsi Jawa Timur (Jatim). Mereka juga disebut dengan penyuluh swadaya.

Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Sampang menyambut baik rencana Kementan. Namun permasalahan yang terjadi di Sampang, banyak THL-TBPP yang bekerja tidak sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya (tupoksi). Tupoksi yang dimaksud, meningkatkan hasil produksi dan peningkatan kinerja pertanian.

“Kami mengapresiasi tapi juga sangat prihatin, karena para THL-TBPP terkesan hanya punya status namun tupoksinya tidak dilakukan,” kata Sekertaris Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Sampang, Alan Kaisan.

Menurut Alan, THL-TBPP dituntut menfasilitasi proses pembelajaran petani, tidak hanya sampai terwujudnya kemampuan petani mengadopsi teknologi yang direkomendasikan, namun dapat meningkatkan pengetahuan dan hasil yang nampak.

“Posisi THL-TBPP itu sangat vital, karena berhubungan langsung dengan para petani di lapangan. Sehingga kami minta, THL-TBPP sebagai mitra petani, harusnya itu diisi orang-orang yang memang kompeten di bidangnya, bukan dari luar pertanian namun dipaksakan jadi THL-TBPP,” tambahnya. 

Berita ini bersumber dari Koran Kabar.
Share:

1 komentar:

  1. Informasi
    Bagi teman2 honorer yang sudah lama mengapdi belum terangkat PNS di karenakan

    - Tidak lolos seleksi CPNS
    - Terkendalah soal tes CPNS
    - Belum masuk DATA BASE CPNS
    - Pegawai kontrak lama non PNS
    - honorer lama non PNS
    -
    Bisa dikonfirmasikan langsung ke BKN pusat JKT
    Langsung ke direktur pengadaan dan kepangkatan pns BKN pusat
    Bpk Drs. Aidu Tauhid M.SI No tlp (021) 49055 088/hp 082 349 747 870
    Sudah banyak honorer di bantu oleh beliau...wassalam
    BKN Pusat : Jl. Letjen Sutoyo No. 12. Jakarta Timur 13640.. DKI JAKARTA.

    BalasHapus

Facebook Page

Pesan Sponsor

Pesan Sponsor

loading...

Pesan Sponsor

Diberdayakan oleh Blogger.